EN IN
+

Perusahaan Emas Ini Rambah Bisnis Gadai, Apa Alasannya?

08 Apr 2021 by Admin

  • share

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA) memperluas lini bisnisnya ke layanan gadai. Produsen dan penyedia perhiasan emas ini meluncurkan layanan gadai melalui anak usahanya PT Gemilang Hartadinata Abadi. Direktur Utama Gemilang Hartadinata Abadi, Cucun Muliawan mengatakan, keputusan perseroan mengembangkan bisnis gadai didasarkan pada kebutuhan ekonomi yang sangat besar. Terutama dari kelompok menengah ke bawah, seperti petani, nelayan, serta pemilik UMKM yang memerlukan modal usaha yang cepat dan mudah.

"Selain itu, budaya masyarakat Indonesia yang gemar menabung dan berinvestasi logam mulia serta perhiasan emas, juga menjadi salah satu faktor pendorong bisnis gadai ini," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (8/4/2021). Layanan gadai Hartadinata Abadi saat ini tersebar di Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Nusa Tenggara Barat (NTB) dan telah mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Saat ini terdapat 54 kantor gadai di empat provinsi tersebut. Perseroan pun berencana memperluas jangkauan gadainya hingga 100 outlet. Adapun layanan gadai Hartadinata Abadi terbagi dalam enam pilihan yaitu gadai regular, gadai opsional, karisma, GHA-Fidusia, jual beli LM HRTA, dan jasa penaksiran. Gadai regular merupakan layanan penyediaan dana cash dengan cara menjaminkan emas dalam bentuk perhiasan atau logam mulia dengan tenor maksimal 120 hari. Lalu gadai opsional adalah layanan gadai biasa yang menyediakan dana cash bagi nasabah dengan perputaran dana cepat seperti usaha kecil. Sedangkan Karisma merupakan kelompok arisan emas untuk sarana edukasi dan literasi emas bagi masyarakat.

Kemudian GHA-Fidusia merupakan layanan fidusia bagi nasabah yang memiliki usaha mikro dan kecil dengan jaminan BPKB motor dan atau mobil. Lalu jual beli LM HRTA adalah layanan jual beli produk logam mulia yang diproduksi perseroan. Serta jasa penaksiran adalah jasa penilaian emas perhiasan atau logam mulia bagi masyarakat untuk mengetahui kadar emas perhiasan atau logam mulia yang dimiliki. "Gadai Hartadinata Abadi persyaratannya mudah, jasa titip murah dan tidak memberatkan, barang jaminan aman dan diasuransikan, waktu gadai fleksibel bisa harian, mingguan dan bulanan, serta berizin dan diawasi oleh OJK, sehingga kepastian hukum dan perlindungan nasabah terjamin,” jelasnya.


Penulis : Yohana Artha Uly
Editor : Erlangga Djumena
Sumber : https://money.kompas.com/read/2021/04/08/161000526/perusahaan-emas-ini-rambah-bisnis-gadai-apa-alasannya-?page=all&utm_source=Google&utm_medium=Newstand&utm_campaign=partner.

Berita Lainnya